E. TIPE VLAN

TIPE VLAN
 
 

#VLAN dibagi menjadi 4:
       1. VLAN Data
VLAN data adalah VLAN yang dikonfigurasi hanya untuk membawa traffic yang diperlukan untuk traffic tertentu digunakan oleh user.
     2. Default VLAN
adalah kondisi dimana semua port yang terdapat pada switch menjadi anggota VLAN setelah boot up switch dinyalakan. Konfigurasi ini membuat semua port menjadi aktif akan berada pada satu broadcast domain.
     3. Native VLAN
Sebuh native VLAN diberikan ke sebuah 802.1Q trunk port. 802.1Q trunk port mendukung traffic yang datang dari banyak VLAN (tags traffic atau tags port). 802.1Q trunk port ditempatkan bersama dengan port untags agar setiap anggota pada VLAN untags mampu mentransmisikan data keluar dari switch 1 menuju switch 2 yang memiliki keanggotaan sama pada VLAN yang terdapat pada switch 1.
      4.Management VLAN
 Management VLAN adalah sebuah tipe vlan yang mempunyai fungsi untuk mengatur (remote) switch dari pc dengan menggunakan protokol telnet, ssh, snmp, syslog, atau yang lain 1.PENGERTIAN








a. mode access
  • Mode access atau Mode trunk merupkan sebuah mode yang dimana keduanya digunakan untuk mengkonfig sebuah jaringan yang dimana didalam jaringan tersebut disetting Vlan.
  • pengertian dari port access atau mode access yaitu mode Vlan yang hanya mengenal hanya untuk satu Vlan saja.
b.mode port dynmamic 
  •  port trunk atau mode trunk  merupakan mode yang digunakan untuk melewatkan satu Vlan atau beberapa Vlan.Trunk mode ini lebih tepatnya disebut sebagai jembatan penghubung dari beberapa Vlan supaya bisa lewat,Untuk koneksi antar switch atau switch dengan router yang memakai Vlan juga.
  • Dynamic Trunking Protocol (DTP) adalah pembuatan status pada Switchport. Status switchport yang bagus adalah ditentukan sejak awal pembuatan, ingin dijadikan Access atau Trunk, namun jika belum menentukannya, kamu dapat menggunakan mode Dynamic Auto atau Dynamic Desirable. Dynamic Auto memiliki fungsi yang sama dengan mode Access yaitu membuat hubungan jaringan dengan mengatur IP komunikasi pada setiap port. Sedangkan Dynamic Desirable memiliki fungsi yang sama dengan mode Trunk yaitu membuat hubungan jaringan pada setiap port tanpa mengatur IP.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

B.SWITCH

Routing Statis

H.INTER-VLAN ROUTING